15.1.15

Apakah Agama Para Nabi dan Rosul?

Kita sudah membahas artikel sebelumnya, silahkan dibaca disini. Intinya adalah semua yang ada di alam semesta ini aslama yaslamu atau Islam. yakni tunduk dan patuh terhadap sistem atau aturan yang mengikatnya. Mereka tidak bisa menolak sama sekali, kecuali hanya 1 yakni manusia. Manusia juga diberikan sistem/ aturan/ agama yakni agama ketundukan. Tinggal manusianya mau tunduk atau tidak. Sebenarnya simpel saja.

Apa agama alam semesta. Ialah Islam atau kepasrahan dan ketundukan terhadap Allah. Yakni tunduk terhadap aturan Allah swt yang diberikan kepadanya. ATuran Allah swt dalam alam semesta bisa berupa sistem/ teknologi yang mengikatnya.

Allah swt berfirman




Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan. (QS Ali Imran ayat 83)

Jadi agama langit dan bumi adalah menyerahkan dirinya kepada sistem dari Sang Pencipta baik suka atau tidak suka.
  • Matahari akan terikat oleh sistem baik suka atau tidak
  • Demikian juga tata surya, galaksai, kluster, super kluster dsb
  • Dalam alam mikorkosmos demikian juga, semua tunduk dan patuh baik suka hati atau terpaksa. Semua harus mengikuti sistem Sang Pencipta.

Demikian pula manusia juga terikat oleh sistem dan aturan Tuhan. Aturan/ sistem/ agama yang mengikatnya adalah sama sebagaimana alam semesta yakni tunduk dan patuh kepada sistem dan aturan_Nya. Inilah yang diwasiatkan/ didakwahkan oleh semua Nabi dan Utusan Tuhan, yakni menyuruh tunduk dan patuh kepada_Nya yang telah memberikan aturan dan sistem hidup.

Dalam bahasa Islam maknanya adalah tauhid. Yakni menyembah_Nya dengan tiada menyekutukan_Nya dengan apapun juga. Inilah fondasi sistem itu

Allah swt berfirman



Katakanlah: "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, 'Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nyalah kami menyerahkan diri." (QS Ali Imran ayat 84).

Apa agama dari semua Nabi? Jawabannya adalah "Penyerahan diri". Kalau dalam bahasa arab artinya adalah "Islam". Yakni menyerahkan diri kepada Allah swt dan beribadah/ menyembah/ bergantung/ meminta tolong/ bersandar kepada_Nya.

Jadi kalau bicara agama Yahudi berarti sistem Islam yang diberlakukan untuk kaum Yahudi. Demikian juga agama Nasrani artinya sistem islam yang diberlakukan untuk kaumnya Nabi Isa as. Sedangkan Islam saat ini maknanya adalah sistem dan aturan Allah yang diberikan kepada semua manusia seluruhnya dan semesta alam. Wallahu A'lam



No comments:

Post a Comment