28.1.15

Bangunan Pertama Kali Di Dunia Adalah Ka'bah

Bangunan apa yang pertama kali dibangun di dunia? Ia adalah Ka'bah. Jadi rumah/ tempat pertama yang dibangun bahkan sebelum diturunkannya Nabi Adam as adalah Ka'bah. Berdasarkan atsar yang mashur Ka'bah pertama kali dibangun oleh Malaikat. Kemudian setelah Nabi Adam as diturunkan ke bumi lalu bangunannya disempurnakan. Setelah cukup sempurna maka dilakukanlah tawaf oleh beliau.

Selepas Nabi Adam as terjadilah venomena alam seperti banjir dan sebagainya yang menyebabkan Ka'bah hilang atau tertutup. Lalu pada zaman nabi Ibrahim as dibangun kembali serta ditinggikan. Beliau membangun Ka'bah bersama anaknya Nabi Ismail as.

Disinilah kisah sejarah dipertontonkannya lambang supremasi Tauhid murni oleh Nabi Ibrahim as yakni pada saat penyembelihan Nabi Ismail as sebagai bukti kecintaan kepada Allah swt melebihi apapun.

Pada saat pembangunan dan peninggian Ka'bah, Nabi Ibrahim as menjejakkan kakinya kepada sebuah batu pijakan. Hal ini karena Ka'bah semakin tinggi sehingga membutuhkan pijakan. Nah inilah yang disebut dengan Makom Ibrahim yakni bekas pijakan kaki Nabi Ibrahim as.

Setelah selesai pembangunan, peninggian dan perluasan Ka'bah maka mulai saat itulah dilakukan lagi ritual Tawaf. Seiring waktu Ka'bah mengalami kerusakan demi kerusakan, yang kemudian pada saat Nabi Muhammad saw diperbaiki kembali. Demikian seterusnya sampai sekarang ini.

Berdasarkan beberapa atsar dan penelitian daerah sekitar Ka'bah pada masa lalu masih tertutup lautan, termasuk seluruh permukaan bumi tenggelam dalam lautan. Nah daerah seputar Ka'bah itulah yang nongol pertama kali menjadi daratan.

Lalu karena lempeng bumi saling terkait satu demi satu gunung dalam lautan nongol  menjadi daratan, dengan posisi masih satu garis/ jalur dengan daratan diseputar Ka'bah. Oleh karenanya daratan pertama kali yang muncul adalah daratan disekitar Ka'bah kemudian diikuti dengan daratan lainnya. Beberapa ahli menyatakan pusat bumi adalah Mekah demikian juga tentang permulaan perhitungan waktu. Jadi bukanlah di Green Wich namun di Mekah. Wallaahu A'lam

Allah swt berfirman,

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. (QS Ali Imran ayat 96)

Keterangan: Ahli kitab mengatakan bahwa rumah ibadah yang pertama dibangun berada di Baitul Maqdis, oleh karena itu Allah membantahnya.

Kemudian dilanjutkan pada ayat berikutnya sbb


Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. (QS Ali Imran ayat 97)


SEBAB TURUNNYA AYAT: Said bin Manshur mengetengahkan dari Ikrimah, katanya, "Tatkala diturunkan ayat, 'Barang siapa yang mencari agama selain dari Islam...' (Q.S. Ali Imran 85) orang-orang Yahudi berkata, 'Kalau begitu kami ini beragama Islam.' Kata Nabi saw. kepada mereka, 'Sesungguhnya Allah telah mewajibkan naik haji itu atas kaum muslimin.' Jawab mereka, 'Tidak pernah diwajibkan atas kami,' dan mereka tidak mau menunaikannya, maka Allah menurunkan ayat, 'Dan barang siapa yang kafir, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya dari seluruh alam.'" (Q.S. Ali Imran 97)

Diambil dari berbagai sumber
Demikian semoga bermanfaat untuk saya
Aamiin
Wallahu A'lam




No comments:

Post a Comment