14.3.15

Muhasabah dan Tafakur Alam Semesta

Al Qur'an adalah SIGN atau Kitab yang berisi tanda-tanda. Bukan seperti kitab matematika dan ilmu pengetahuan yang secara detail menyebutkan angka-angka dan istilah-istilah. Sedangkan rumus dan istilah itu hanyalah penjabaran dari Al Qur'an dan sesuatu istilah yang dipakai manusia. SIGN disini adalah sign dari segala macam bidang ilmu, membingkai semuanya.

Demikian pula alam semesta. Adanya alam semesta adalah SIGN atau tanda-tanda adanya Sang Pencipta Alam Semesta itu sendiri. Manusia harus mampu menangkap SIGN atau tanda-tanda tersebut sehingga menemukan Tuhan yang hilang dalam dadanya. Jadi tidak mungkin Allah swt menampakkan diri dalam mata kepala manusia karena hal ini merendahkan kemuliaan_Nya. Tetapi DIA memberikan SIGN akan ketinggian dan keluhuran diri_Nya kepada kita.

Al Qur'an berisi tentang SIGN, dan alam semesta adalah SIGN itu sendiri. Kitab SIGN bukan SCIENCE, karena segala SCIENCE dibingkai dalam SIGN didalam Al Qur'an. Oleh karena itu kita tidak akan menemukan nama-nama science seperti O2, H2O, Lapisan Ozon, Zigot, Bintang Acturus dsb, namun semua dibingkai dalam sebuah SIGN.

Contoh lainnya,
  • Kita tidak akan menemukan lapisan plasenta, namun akan mendapatkan 3 lapisan
  • Kita tidak akan menemukan nama atmosfer namun akan mendapatkan 7 lapis langit
  • Kita tidak akan menemukan kata teori big bang, namun mendapatkan pengetahuan bahwa dahulu langit dan bumi satu padu kemudian dipisahkan
  • Kita tidak akan menemukan kata O2 dan H2 sebagai cikal mahluk bernyawa, namun mendapatkan informasi bahwa dari air diawali kehidupan/ mahluk hidup.
  • dsb

Al Qur'an memberikan tanda-tanda SCIENCE sementara manusia dengan akalnya menemukan penjabaran dari SIGN tersebut.

Tafakur alam semesta adalah sebuah aktifitas yang seyogyanya mulai saat ini anda lakukan supaya menemukan SIGN tersebut sehingga pemahaman natural ini bisa meresap. Bukan sekedar hapalan dan teori belaka namun penerapan muhasabah diri. Karena power/ daya ini hanya bisa dirasakan ketika kita berniat dan bermujahadah untuk mengerti serta memahami hakikat kehidupan dalam semesta alam.

Insya Allah pada suatu titik pemahaman ini akan meresap dalam kalbu, sehingga menjadi keyakinan. Keyakinan inilah cikal bakal iman dalam dada yang digunakan sebagai energi/ power didalam menghadapi ujian kehidupan. Keyakinan yang menyebabkan ketakjuban dan ketakutan kepada Robb yang memberikan SIGN.

Simak baik-baik Allah swt berfirman,



kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, dan Allah Maha Perkasa atas segala sesuatu. (QS Ali Imran: 189)



Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (QS Ali Imran: 190)




(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS Ali Imran: 191)




Ya Tuhan kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun. (QS Ali Imran: 192)




Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti. (QS Ali Imran: 193)





Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji". (QS Ali Imran: 194)





Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman): "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik". (QS Ali Imran: 195)

Wallahu A'lam



No comments:

Post a Comment