6.9.14

Ayat Yang Di Nasakhkan

Apa maksud dari ayat yang di nasakhkan? Dalam beberapa atsar berarti sebuah ayat yang dijadikan Nabi saw lupa kepadanya kemudian diganti oleh Allah swt dengan ayat lain yang sebanding atu lebih baik. Ada juga ahli tafsir yang mengartikan dengan mukjizat.

Allah swt berfirman

Ayat mana saja yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan (manusia) lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya. Tidakkah kamu mengetahui bahwa sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu? (QS Al Baqarah ayat 106)

Para mufassirin berlainan pendapat tentang arti "ayat", ada yang mengartikan ayat Al-Qur'an, dan ada yang mengartikan mu'jizat.

SEBAB TURUNNYA AYAT: Diketengahkan pula oleh Ibnu Abu Hatim, dari jalur Ikrimah, dari Ibnu Abbas, katanya, "Adakalanya wahyu turun kepada Nabi saw. di waktu malam, lalu Nabi lupa di waktu siang. Maka Allah pun menurunkan, 'Apa saja ayat yang Kami hapuskan sampai akhir ayat.'" (Q.S. Al-Baqarah 106)

Kemudian Allah swt berfirman pada ayat selanjutnya,

Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong. (QS Al Baqarah ayat 107)

No comments:

Post a Comment