12.10.18

Bagaimana Mengatasi Kesulitan dan Ujian Hidup yang Sangat Berat? Ini Jawabannya

Beberapa waktu lalu saya mendengarkan Khatib Jumat berkutbah dimana isinya bagus banget. Saya share ulang disini tentang Bagaimana Mengatasi Kesulitan dan Ujian Hidup yang Sangat Berat? Ini Jawabannya.


Sebenarnya artikel ini sudah saya tulis diblog lain. Sengaja saya tulis ulang disini supaya semakin banyak yang membacanya. Harapannya semakin banyak dari kita semua yang bisa keluar dari permasalahan dan kesulitan hidup yang paling berat sekalipun.

Saya sudah menulisnya di blog ini https://pangelingku.blogspot.com/2018/09/gini-cara-keluar-dari-kegelapan.html

Judulnya Gini Cara Keluar dari Kegelapan Kesulitan Kesukaran dan Masalah Hidup. Saya kasih judul di artikel ini Bagaimana Mengatasi Kesulitan dan Ujian Hidup yang Sangat Berat? Ini Jawabannya. Cek it dot gan


Bagaimana Mengatasi Kesulitan dan Ujian Hidup yang Sangat Berat? Ini Jawabannya

Ada 4 bulan suci salah satunya adalah bulan Muharram. Makanya di Bulan Muharam ini kita disunnahkan berpuasa. Namanya Puasa Asyuro yang menjadi asbab diampuni dosa2 kita setahun yang lalu.

Dibulan ini ada beberapa kejadian penting yaitu

Bulan dimana Nabi Adam as berubat dzolim yaitu memakan buah Khuldi karena digoda oleh Iblis. Kemudian Nabi Adam as memohon ampun kepada Allah swt, bersujud kepada_Nya selama 40 tahun. Kemudian Allah menerima taubatnya.

Di bulan Muharom ini juga orang Yahudi berpuasa. Kemudian Nabi saw juga menganjurkan umatnya berpuasa. Sebab di bulan ini Allah swt selamatkan Nabi Musa as dan kaumnya Bani Israil dari cengkeraman Raja Firaun.

Dibulan ini jugalah Nabi Yunus as dibuang ke laut. Ceritanya Nabi Yunus as kesal sebab kaumnya tidak juga mendengarkan dakwahnya. Lalu pergi dengan menumpang sebuah perahu. Ditengah jalan perahunya mengalami kerusakan dan harus ada 1 orang yang dilempar kelaut untuk mengurangi beban.

Maka dilemparlah Nabi Yunus as ke tengah2 lautan luas. Kemudian Allah swt memerintahkan sebuah ikan raksasa menelan Nabi Yunus as. Ikan tersebut menelan Nabi Yunus as dan segala apa yang ada disekitarnya.

Lalu Nabi Yunus as dibawa kedalam dasar lautan terdalam. Gelap gulita berlapis-lapis. Ada 3 kegelapan yang sangat pekat yaitu
  • Kegelapan didalam perut ikan raksasa
  • Kegelapan di lautan yang terdalam
  • Kegelapan malam

Selama 3 hari 3 malam Nabi Yunus as ada dalam perut ikan raksasa didalam lautan terdalam. Bayangkan saja kalau kita yang ada di posisi Nabi Yunus as apa yang bisa kita lakukan? Apakah teriak minta tolong? Apakah ambil HP terus WA teman? Apakah melambaikan tangan tanda menyerah?

Ketahuilah apapun yang anda lakukan "Tidak akan bisa menyelamatkan anda". Hanya satu yang bisa, yaitu pasrah. Dan memang seringkali kita menemukan Tuhan yang hilang ketika dalam keadaan terjepit hapis. Betul?

Back to laptop

Nabi Yunus as mengakui kesalahannya karena kesal dengan kaumnya. Maka selama 3 hari 3 malam dalam kegelapan yang berlapis-lapis Nabi Yunus as berdoa

"Laailaaha illa anta, subhanaka inni kuntu minadzoolimiin"

Kurang lebih artinya adalah: Tiada Tuhan melainkan Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya kami telah berbuat kedzaliman.

Bagi anda yang sedang dalam kegelapan kesulitan kesukaran dan masalah hidup yang berlapis-lapis maka bacalah doa diatas. Baca dan HAYATI maknanya. Jadi jangan cuma baca doang, tapi pastikan peristiwa hati anda adalah sbb

"Laailaaha illa anta", yaitu pengakuan bahwa tiada Tuhan melainkan Allah swt. Tiada yang bisa mengangkat kegelapan melainkan Allah swt. Bayangkan saja siapa yang bisa mengangkat kegelapan berlapis-lapis dalam ikan raksasa, didasar lautan di malam hari? Adakah mahluk atau manusia yang bisa?. Oleh karena itu akuilah bahwa hanya DIA saja yang bisa.

Yang kedua adalah "Maha Suci Engkau", atau pengakuan atas kesempurnaan Allah dalam asmaul husna. Allah Maha Sempurna tiada cacat meski hanya sebesar atom. Akui ini, rasakan ini

Yang ketiga adalah "Inni kuntu minadzoolimiin", yaitu pengakuan sebaliknya. Mengakui bahwa kita adalah mahluk pendosa. Mengakui kesalahan dan dosa dan keleliruan kita. Artinya segala kegelapan hidup sebenarnya karena ulah kita sendiri.

Maka akuilah. Taubatlah. Istighfarlah. Akui kita ini salah, kita ini lemah. Pengakuan yang harus terasa energinya dalam hati.

Insya Allah jika 3 peristiwa hati ini sudah nyata dalam jiwa anda maka kegelapan kesukaran kesulitan dan masalah hidup sebesar apapun akan hilang. Peristiwa pengakuan Tauhid, Pujian, dan Istighfar. COba saja.

Saya ulangi lagi biar lebih memahaminya. Ketika anda dalam kegelapan, apapun manifestasi kegelapan tersebut maka lakukan ini. Ciptakan peristiwa hati seperti ini

1. Peristiwa hati "pengakuan tauhid"

2. Peristiwa hati "pengakuan akan ke Maha Sempurnaan Sang Pencipta dengan segala sifat-sifat_Nya

3. Peristiwa hati "pengakuan akan dosa dan kekeliruan dan kelemahan kita"

Setelah mengakui, kemudian akhiri dengan DOA anda. Hajat dan keinginan anda. Permintaan anda.

Insya Allah keajaiban akan segera hadir. Solusi brillian akan anda temukan sebagai bagian dari jawaban atas pengakuan anda.

Yuk dicoba..

--------------------------------

Demikianlah artikel dengan judul Bagaimana Mengatasi Kesulitan dan Ujian Hidup yang Sangat Berat? Ini Jawabannya yang mana juga sudah saya share di blog lain dengan judul Gini Cara Keluar dari Kegelapan Kesulitan Kesukaran dan Masalah Hidup

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi hidup anda. Semoga bisa menjadi asbab terurainya masalah berat dalam hidup saya, anda dan kita semua. Aamiin




No comments:

Post a Comment